Kelebihan dan Kekurangan USG 4D Bagi Ibu Hamil


USG kependekan dari ultrasonografi, sebuah alat kedokteran dengan teknik pencitraan. Membantu menerjemahkan informasi di dalam tubuh dibantu gelombang suara. Kini hadir USG 4D lebih canggih karena dapat menampilkan video di dalam tubuh seperti janin. Sehingga perkembangan janin dapat teridentifikasi lebih akurat, hingga kelainan seperti down syndrome. Akurasi sebesar 85% mulai terlihat pada janin usia 11-14 minggu.

Kelebihan

1.      Hasil  Berupa Video

Tak hanya mengetahui pergerakan janin, alat canggih ini juga dapat merekam sekaligus menyimpannya. Salinan dari video dapat disimpan di dalam CD. Video yang dihasilkan juga lebih detail dan dapat mengetahui aktivitas janin saat direkam seperti menendang, memukul, hingga  menghisap.

2.      Prediksi Kelahiran

Video membantu memperlihatkan posisi janin saat dalam kandungan, apakah kepala sudah di panggul. Posisi plasenta ini yang mampu memprediksi lahirnya janin. Membantu memastikan hari perkiraan lahir serta usia janin. Jika posisi dan pergerakan janin tidak sesuai usianya, maka dapat diketahui sejak dini penyebab dan penanganannya.

3.      Menginformasikan Kondisi Medis Lain

Selain perkembangan janin, USG juga membantu memprediksi informasi medis organ dalam. Adanya diagnosa penyakit bawaan seperti bibir sumbing, massa dalam ovarium hingga pendarahan lebih mudah dilihat dengan USG versi 4 dimensi. Deteksi kehamilan ganda juga dapat dilihat dengan versi ini.

4.      Kelainan pada Orang Dewasa

Kelainan yang dimaksud seperti  payudara, empedu, ginjal, prostat dan kemih. Penggunaan USG untuk deteksi penyakit pada orang dewasa hanya akan direkomendasikan, tidak bisa diminta pasien. Pasien cukup mengkonsultasikan penyakitnya, kemudian dokter akan mendiagnosa penyakit yanga dialami.

5.      Deteksi Gangguan Neurologis

Tak hanya tentang organ dalam, alat ini mampu mendeteksi hingga ke jaringannya. Otak janin hingga bagian-bagiannya dapat terlihat perkembangannya. Kondisi otak janin dapat diketahui sejak dini untuk memutuskan langkah apa yang harus diambil. Antisipasi serta pencegahan kelainan dapat dilakukan sejak dini.

6.      Diagnosa Perkembangan Internal

Sangat disarankan untuk ibu hamil karena membantu menganalisa segala kondisi di dalam rahim. Baik dari ibu maupun janin, perkembangan internal sangat penting untuk memastikan kondisi terkini. Terutama di dalam rahim, karena adanya janin membuat kerja rahim lebih komplek dan membutuhkan perawatan khusus.

Kekurangan

1.      Digunakan pada Janin Usia Di atas 11 Minggu

Janin usia trimester pertama masih berupa gumpalan embrio yang membelah. Penggunaan USG pada usia kehamilan muda biasanya hanya untuk melihat perkembangan janin. Lebih tepat mengunakan dimensi 2 pada trimester awal. Setelah lebih dari 11 minggu, organ janin mulai terbentuk jelas dan dapat dilihat. Namun jika terdeteksi kelainan pada trimester awal, dapat menggunakan USG 4D.

2.      Menghasilkan Panas Tubuh

Gelombang suara yang digunakan sebagai perantara untuk menangkap gambar akan masuk ke tubuh. Getaran ini akan membuat jaringan tubuh menjadi lebih panas. Dapat menghasilkan gas di dalam cairan maupun jaringan tubuh. Panas yang dihasilkan, membuat alat ini tidak dapat digunakan berulang karena berpotensi mengganggu perkembangan janin.

3.      Biaya Mahal

Biaya yang dibutuhkan terbilang mahal karena fiturnya yang lebih canggih. Pemeriksaan dengan USG dilakukan atas rekomendasi dari dokter. Maka dari itu, bagi ibu hamil, pemeriksaan lebih sering dilakukan agar kondisi janin dan rahim selalu terpantau. Baik penggunaan USG pada ibu hamil maupun pasien, hanya dilakukan saat dibutuhkan untuk pengamatan organ dalam.

Teknologi canggih dengan biaya mahal ini dapat diatasi dengan hadirnya promo USG. Harga yang diberikan tentunya lebih murah dan pembayaran dapat dilakukan dengan asuransi. Tindakan medis tetap dilakukan oleh tenaga profesional seperti dokter kandungan. Pendaftaran juga lebih mudah hanya dengan mengklik tombol untuk mengantri atau booking.

Sumber:

https://www.ibudanbalita.com/artikel/pengertian-manfaat

http://rsannisa.co.id/artikel-kesehatan/kelebihan-manfaat-usg-4-dimensi

https://rsbudikemuliaan.id/pemeriksaan-usg-4

https://www.rspermata.co.id/article/read/

 

 

Belum ada Komentar untuk " Kelebihan dan Kekurangan USG 4D Bagi Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel