Penyebab dan Macam Obat Tekanan Darah Tinggi yang Perlu Anda Ketahui


Penyebab dan Macam Obat Tekanan Darah Tinggi yang Perlu Anda Ketahui

Penyakit tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit kronis yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Baik pria maupun wanita bisa memiliki hipertensi di berbagai rentang usia. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya tekanan sistole dan diastole jantung hingga lebih dari tekanan normal. Kondisi ini bisa hampir tanpa gejala hingga diketahui melalui pemeriksaan menggunakan tensimeter atau hingga penderita mengalami rasa pusing yang sangat meski sedang berbaring. Jika tekanan darah Anda melebihi batas normal, jangan tunggu lama untuk segera mengkonsumsi obat tekanan darah tinggi agar tidak terjadi komplikasi seperti penyakit jantung, ginjal ataupun stroke.

Apa saja sebenarnya yang menjadi penyebab seseorang memiliki tekanan darah yang tinggi dibandingkan orang lainnya? Berikut ini adalah beberapa penyebab hipertensi yang menjadikan seseorang memiliki faktor resiko hipertensi lebih tinggi:

  1. Faktor keturunan.
Seseorang dengan ayah atau ibu memiliki hipertensi lebih besar resiko juga memiliki tekanan darah tinggi sehingga menerapkan pola hidup sehat sedari dini sangat dibutuhkan.

  1. Usia.
Hipertensi lebih banyak dialami oleh mereka yang berusia di atas 45 tahun meski di saat muda tidak memiliki riwayat hipertensi.

  1. Kebiasaan merokok dan konsumsi minuman keras.
Rokok mengandung zat yang bisa memicu tekanan jantung dan menciutkan pembuluh darah penyebab hipertensi begitu juga dengan alkohol.

  1. Obesitas dan kolesterol tinggi.
Tumpukan lemak dan kolesterol yang terdapat di pembuluh darah bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi selain baya penyakit kardiovaskular lainnya.

Bagi Anda pemilik darah tinggi, ada beberapa pilihan obat yang bisa Anda gunakan yaitu menurunkan tekanan darah dengan cara mengubah kebiasaan hidup sehari-hari atau menggunakan obat-obatan. Sebelum mengkonsumsi obat, sebaiknya Anda mencoba untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti:

  • Berhenti merokok dan minum alkohol.
  • Mengurangi makan makanan berlemak dan tinggi kolesterol.
  • Olahraga rutin atau beraktivitas fisik.
  • Menurunkan berat badan hingga optimal.
  • Mengurangi minuman soda, kopi, teh dan minuman bercafein lainnya.
  • Menghindari stres.
  • Istirahat cukup.

Mengubah kebiasaan memang tidak langsung menjadikan tekanan darah Anda turun namun menjadi awal untuk memulai hidup sehat dan menjaga agar tidak mengalami hipertensi lagi. Sedangkan untuk menurunkannya dengan lebih cepat Anda memerlukan obat hipertensi seperti:

  • ACE Inhibitor yaitu captopril, lisinopril dan lainnya.
  • Angiotensin II Receptor Blocker yaitu candesartan, losartan dan lainnya.
  • Beta blocker yaitu metoprolol.
  • Calcium channel blocker seperti nifedipin, amlodipin dan lainnya.
  • Diuretika seperti furosemid dan lainnya.

Obat-obatan darah tinggi ini dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter hingga mendapatkan tekanan darah yang normal kembali lalu menghentikannya. Jangan mengkonsumsi obat jika sudah tidak mengalami hipertensi.

Dengan mengetahui penyebab dan obat tekanan darah tinggi diharapkan masyarakat bisa melakukan pencegahan sedari dini dengan cara menjauhi penyebab hipertensi dan lebih berhati-hati jika memiliki faktor resiko yang lebih tinggi terkena hipertensi. Untuk obat hipertensi yang paling tepat adalah dengan mengkonsumsi obat hingga hipertensi hilang kemudian melakukan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan, melakukan aktifitas fisik serta menghindari kebiasaan buruk dan penyebab stress. Perlu diingat bahwa hipertensi bisa menyerang siapa saja dengan gejala kepala pusing meski sedang tidur sehingga Anda bisa waspada jika hal tersebut menyerang. Saat gejala terjadi, jangan mengendarai kendaraan ataupun melakukan aktifitas karena dapat meningkatkan resiko terjadinya stroke.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab dan Macam Obat Tekanan Darah Tinggi yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel