Cara Menciptakan Teh Tarik Jahe Bagi Pemula


Bagaimana sih, cara menciptakan teh tarik itu? Kenapa juga namanya disebut teh tarik? Membuat teh tarik bekerjsama gampang sekali. Seperti halnya menciptakan teh biasa, tetapi dicampur susu.

Istimewanya, teh harus “ditarik-tarik” terlebih dahulu sebelum disajikan. Nah, itulah mengapa minuman ini disebut teh tarik.

Kelihaian para pembuat teh tarik yang sanggup “menarik-narik” teh hingga panjang itu selalu menciptakan saya terpesona. Teh yang berbentuk cair itu seperti nurut betul dengan perintah si empunya. Nyaris tidak ada teh yang memberontak tumpah.



Untuk mengobati rasa ingin tau akan cara menciptakan teh tarik ini, kesudahannya saya mencoba untuk membuatnya. Dan jadilah teh tarik ibarat pada foto berikut.



Bahan-bahannya sangat gampang didapat. Bahan utamanya hanyalah teh, susu, dan air. Namun, untuk memperlihatkan rasa yang berbeda, saya menambahkan jahe segar ke dalamnya.

Konon katanya, ada brand teh tertentu yang yummy untuk dijadikan teh tarik. Saya sendiri hanya memakai teh celup yang ada di dapur.

Untuk susunya, saya memakai susu evaporasi. Susu evaporasi ini berbeda dengan susu kental anggun ya, Mak. Susu evaporasi yaitu susu murni yang kadar airnya diuapkan sekitar 60%. Teksturnya encer, namun pekat. Rasanya pun tidak manis, namun lebih gurih dan ada sedikit aroma karamel.


 Membuat teh tarik bekerjsama gampang sekali Cara Membuat Teh Tarik Jahe bagi Pemula
Kredit: hanoi-online.net

Setelah mencemplung-cemplungkan seluruh bahan, saatnya melakukan finishing. Cairan teh harus dituangkan ke dalam cangkir sambil menariknya sepanjang mungkin. Proses ini dilakukan secara berulang sampai teh berbuih. Dan ini memerlukan keahlian khusus.

Nah, bab inilah yang sulit dilakukan bagi pemula ibarat saya. Saya sudah mencoba untuk melakukannya berulang kali. Ternyata, ini tidak semudah yang diperlihatkan para pembuat teh tarik.

Sebagian teh saya tumpah. Busa yang dihasilkan pun kurang memuaskan. Hanya menghasilkan sedikit busa dan tidak usang mengempis kembali.

Akhirnya, saya coba untuk mem-blender-nya. Lumayan lah, busa yang dihasilkan cukup menghibur kegalauan hati. Walau tidak sebanyak yang diharapkan.

Untuk problem rasa, teh tarik yang dibentuk dengan susu evaporasi ini memang berbeda dengan teh tarik yang memakai susu kental manis. Lebih gurih. Ditambah lagi ada aroma jahe dan kayu manisnya.

Penasaran bagaimana resepnya? Nah, ini ia Mak, resep teh tarik jahe ala saya.

Cara Membuat Teh Tarik Jahe


Bahan: Membuat teh tarik bekerjsama gampang sekali Cara Membuat Teh Tarik Jahe bagi Pemula


  • 300 ml air

  • 1 ruas ibu jari jahe segar (dimemarkan)

  • 2 kantong teh celup

  • 30 ml susu evaporasi (dapat ditambah jikalau suka)

  • Gula sesuai selera

  • Kayu anggun bubuk secukupnya

Alat:


  • 2 buah cangkir besar yang bergagang (dapat memakai gelas ukur)

  • Penggunaan cangkir sanggup diganti dengan blender

Cara membuat:


  1. Didihkan air dan jahe sampai air menyusut sampai sekitar 1 cangkir. Lalu pisahkan air dan jahenya.

  2. Seduh teh celup dengan air jahe sampai kental dan berwarna kehitaman.

  3. Tambahkan susu evaporasi dan gula sesuai selera, aduk rata.

  4. Masukkan teh ke dalam salah satu cangkir. Lalu, tuangkan teh ke dalam cangkir satunya sambil ditarik. Lakukan berulang kali sampai teh berbuih.

  5. Bagi Anda yang tidak ingin melaksanakan langkah nomor 4, Anda sanggup memakai blender untuk mendapat buih pada teh tarik. Masukkan teh ke dalam blender, kemudian proses beberapa dikala sampai berbuih.

  6. Tuangkan teh tarik yang telah siap ke dalam cangkir dan taburi dengan sedikit kayu manis. Nikmati selagi hangat.

Itu ia cara menciptakan teh tarik jahe. Praktis kan, Mak? Selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menciptakan Teh Tarik Jahe Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel